Pages

Thursday 23 January 2014

Tentang Bekerja

Suatu tawaran kerja di awal minggu ini bikin gw mikir, "kenapa gw kerja?". Bukan galau sih, cuma agak lucu aja ngeliat rekam jejak kerja gw. Hampir semua kerjaan gw didapet dari tawaran orang, bukan atas inisiatif gw untuk ngelamar. Yang gw inisiatif ngelamar malah ga keterima (hiks UPJ hiks). Kerjaannya juga macem-macem.

Trus jadi agak mengernyit aja sih, kok kayak bukan gw sih? Gw ngeliat rekam jejak gw tuh agak "ga bertujuan". Semi ngacak. Trus gw juga ngeliat ulang alesan-alesan gw memilih (dan ga memilih) suatu kerjaan, dan akhirnya senyum-senyum sendiri karena nemu kalo gw justru belum pernah melenceng dari cita-cita gw. Semua kerjaan gw yang keliatannya acak dan semua pendidikan formal yang gw pilih ternyata berpangkal dan bermuara pada hal yang sama.

Senang sekali :D

Trus sekarang lagi ngejar salah satu mimpi. Ibarat maraton, ini lagi sprint menuju garis finish. Rasanya degdegan dan sedikit takut, aneh hihi.. Buanyak banget yang mesti dikerjain dalam waktu singkat. Capek, tapi capek yang produktif mah nikmat banget lah hohoho.. Doakan semoga lancar ya.. Semoga awal Februari mimpi yang satu ini udah bisa terwujud :D
Monday 20 January 2014

Doa Pribadi #31shnt | @ferenadebineva

Sebagai manusia yang banyak maunya, tentu gw sering berdoa minta macem-macem ke Allah. Di samping doa-doa itu, ada satu doa yang selalu gw iringkan sejak akhir 2010.

Di akhir 2010 itu gw ketemu seorang teman yang cerita kalo dia mikir "Kenapa ini terjadi ke gw? Kenapa Allah kayak gini ke gw? Gw solat, ngaji,bayar zakat, pacaran ga macem-macem tapi malah dikasih kayak gini. Si X maksiat mulu tapi ga dikasih kayak gini." waktu ngalamin suatu kejadian pahit. Aslik pas itu gw susah payah banget menahan diri untuk ga melotot takjub. Ngeri banget, jangan sampeeee gw mikir semacam itu juga dalam keadaan serupa. Sejak itu gw berdoa,

"Ya Allah, tetapkanlah keyakinanku padaMu bahwa semua yang terjadi padaku adalah rencanaMu yang terbaik untukku"

PS: Kalo ga diminta, tema ini rasanya ga akan gw tulis untuk dipublikasikan di blog hehe..
Saturday 18 January 2014

Kenyataan #31shnt | @alitakuntoro

Dua hari yang lalu gw mau beli kacamata, trus pas nyoba-nyobain frame eh ada yang mentok dong di pipi -_- Ih, ternyata gw segitu gembilnya ya sampe kacamata aja mentok.. Malemnya gw liat twit-twit berbagi pengalaman di BEM Psiko, trus jadi mentionan sama Mufti dan menyadari kalo....... gw ngeBEM tuh udah 6 taun yang lalu! :O Gils!

Lucu ya, kadang ada kenyataan-kenyataan yang luput kita sadari, misalnya kayak dua hal yang gw ceritain tadi. Bahwa pipi gw gembil dan gw ngeBEM taun 2008 kan faktual ya, tapi gw luput menyadari itu. Baru ngeh pas ada sesuatu yang 'ngingetin'. Trus jadi mikir, ada lagi ga sih hal-hal yang luput gw sadari sebagai kenyataan? Kalo yang tadi kan hal-hal kecil ya, ada ga hal-hal besar yang juga luput gw sadari?

Ya kalo mikir sendiri mah ga ketemu ya, karena dalem kepala gw ga ada informasi tentang itu. Perlu kejadian macam "nyobain frame kacamata" dan "mentionan sama Mufti" untuk sadar tentang kenyataan kecil yang luput gw sadari tadi. Tentang hal-hal besar juga gitu kali ya, perlu liat atau mengalami sesuatu untuk liat "kenyataan" secara lebih terang. Hmm.. berarti persepsi kita tentang kenyataan dipengaruhi oleh banyaknya informasi yang kita miliki gitu? Bisa jadi.

Gw inget temen gw dulu teriak "My whole life is a lie!" habis nonton Zeitgeist (duh susah bikin link nih dari HP, ntar gw update deh ya). Gw inget betapa gw dan beberapa teman *banyak sih kayaknya* terpukul karena kehidupan di kampus begitu berbeda dengan kehidupan di SMA - kami pikir SMA kami adalah dunia nyata tapi ternyata ia cuma dunia kecil yang indah. Gw inget gimana "kenyataan" bisa berbeda ketika ditulis di koran yang berbeda. Gw inget ngeliat di timeline Twitter gw kalo Faisal Basri dapet buanyak dukungan buat jadi gubernur DKI tapi ternyata kalah. Gw inget bandingin isi timeline sama beberapa temen pas jaman isu penggusuran pedagang di stasiun kemudian menemukan kalo ada orang yang isi timeline-nya pro aksi mahasiswa menentang penggusuran dan ada yang sebaliknya (sedangkan timeline gw isinya berimbang sehingga gw pusing bzz).

Kayaknya "kenyataan" memang dipengaruhi oleh informasi yang kita punya ya? Hmm.. PR nih buat gw, harus buka mata lebih banyak.. Jangan-jangan dunia yang gw persepsikan sebagai kenyataan ternyata cuma "dunia dalam kepala" gw dan cupet aja adanya.
Saturday 11 January 2014

Macem-Macem Mimpi Gw

Kalo bangun tidur, gw hampir selalu inget mimpi apa pas tidur. Dulu pas kuliah belajar tentang fase-fase tidur, katanya kalo pas bangun inget mimpinya berarti bangunnya pas fase REM sleep. Nah, selain mimpi-mimpi biasa yang paling kesannya cuma gitu doang, ada beberapa macem mimpi lain yang cukup sering gw alamin:
  • Mimpi bersambung versi 1. Ini tuh misalnya gw mimpi naik sepedah, bangun, tidur lagi, trus mimpinya bersambung misalnya gw lanjut naik sepedah terus nyampe ke kampus.
  • Mimpi bersambung versi 2. Kalo ini bersambungnya di hari berikutnya, udah kayak sinetron hahaha..
  • Mimpi berlapis. Misalnya gw mimpi ketemu Ovie, trus masih dalam tidur yang sama gw juga mimpi gw bilang ke Ovie kalo gw mimpi ketemu dia *ribet*. Seinget gw sih lapisannya paling banyak 3: gw mimpi ketemu Ovie, trus masih dalam tidur yang sama gw juga mimpi gw bilang ke Ovie kalo gw mimpi ketemu dia, habis itu mimpi lagi gw lagi mikirin mimpi berlapis gw *kusut*
  • Mimpi petualangan. Ini jenis mimpi yang paling ngeselin. Cerita dan tokoh petualangannya bisa macem-macem tapi pokoknya melibatkan dikejar-kejar penjahat, ngelakuin misi yang menegangkan, atau sejenisnya. Kalo habis mimpi petualangan, bangun-bangun biasanya masih inget dengan jelas kejadian di mimpinya dan bangunnya dalam keadaan degdegan dan capek. Ini biasanya pertanda gw stres tapi ga sadar. Pas jaman kuliah profesi hampir selalu terjadi pas udah deket deadline laporan kasus hahaha.. Serba salah dan kesel jadinya, udah mah cuma bisa tidur bentar karena mesti ngerjain laporan eh pas tidur malah mimpi beginian dan tambah capek pas bangun. Bzzzzz -___-"
  • Mimpi yang beneran kejadian di kemudian hari. Gw beberapa kali mimpiin sesuatu, trus kejadian beneran. Jarak dari mimpi ke kejadiannya bisa cuma beberapa hari, bisa juga beberapa taun. Gw yakin gw pernah mimpi itu karena biasanya mimpinya agak aneh sehingga pas bangun gw masih kepikiran, bahkan cerita ke orang tentang mimpi itu. Pertama kali tuh pas SMA, gw mimpi duduk di depan komputer sama temen gw, tapi temen gw pake seragam sedangkan gw pake baju tidur. Pas ada kerjaan OSIS ngapain gitu bener loh, Tria ke rumah gw pake seragam dan gw pake baju tidur yang gw pake di mimpi itu. Trus yang kedua pas awal kuliah, gw inget bilang ke T'Heggy "Eh masa ya, gw mimpiin Kak Ginu sama orang-orang yang ga gw kenal gitu" padahal gw ga ada urusan apa-apa sama Kak Ginu. Beberapa bulan (atau minggu?) kemudian gw masuk Departemen Kremas BEM UI bareng Kak Ginu, dan rapat dengan posisi duduk kayak di mimpi gw bareng orang-orang di mimpi gw. Yang ketiga pas gw masuk MB taun 2009, gw mimpi duduk ngelingker di kasur-kasur sama orang-orang yang sebagian besar ga gw kenal, tapi ada Iko. Setaun kemudian, ternyata kejadian itu adalah curhat-curhatan lowbrass di malem sebelum semifinal GPMB 2010, di kamar Wisma Makara. Trus yang keempat gw lupa mimpinya kapan, pokoknya jaraknya jauhan banget sama kejadiannya. Gw mimpi duduk di ruangan yang sama sekali ga gw kenal, di barisan belakang, ngeliatin orang-orang duduk di baris-baris kursi di depan gw dan ada yang lagi presentasi di depan ruangan. Akhirnya itu kejadian beneran pas gw ngasdos Mejik di FE.
Kalian pernah mimpi kayak gitu juga ga? Ada penjelasannya ga sih semua jenis mimpi itu? Males googling gw hehehe..

PS: Beberapa hari ini gw mimpi petualangan mulu, padahal rasanya ga lagi ada apa-apa. Zzz.
Thursday 9 January 2014

Bermain di Taman Labirin

"Hai Tuan Putri, ada Ksatria yang ingin mengajakmu bermain di taman labirin"

Putri memicingkan mata mendengar sapaan Peri pagi itu. "Ksatria mana?" tanyanya. Lalu alis Putri terangkat saat mendengar jawaban Peri.

Bermain di taman labirin. Dengan Ksatria itu.
Bukan sesuatu yang Putri bayangkan, tapi ia beranjak keluar kamar juga.

Tiga menit berkuda, Putri pun sampai ke taman labirin. Tidak ada Ksatria di sana. Putri lalu memutuskan masuk labirin sendirian. Baru saja ia akan membuka gerbang labirin, seseorang menepuk pundaknya. Putri menoleh dan tersenyum pada Ksatria. Senyum Putri berganti kerutan kening ketika Ksatria berkata "Hey! Kau mau masuk bersamaku? Kebetulan aku juga sedang mencari cara tercepat keluar dari labirin ini". Kebetulan? Tapi kata Peri...

"Ah sudahlah," Putri menepis pikiran itu. Kakinya sudah melangkah masuk labirin bersama Ksatria. Putri melihat sekeliling, lalu tertegun. Labirin ini sama sekali baru untuknya. Hari itu bukan pertama kalinya ia bermain di taman labirin, tapi bahkan belokan pertama di depannya rasanya belum pernah ia lihat. Putri mengedikkan bahunya, "Ah, yang baru-baru biasanya seru, kan..".

Matahari sudah hampir tepat di atas kepala. Putri mulai berdecak tak sabar. Ksatria yang katanya mengajaknya bermain ternyata sering melesat pergi, tiba-tiba kembali, lalu pergi lagi. "Apanya yang bermain bersama sih kalau begini?" pikir Putri kesal.

"Ah sudahlah," lagi-lagi Putri menepis keributan dalam kepalanya. Ia mulai sibuk mencoba membayangkan pola labirin baru itu, membandingkannya dengan labirin-labirin lain yang sudah pernah dilewatinya, dan memikirkan kemungkinan jalan tercepat untuk keluar darinya. Tak lagi gemas dengan cara Ksatria bermain bersama, Putri sudah sangat senang karena belajar banyak hal baru selama perjalanannya dalam labirin.

Putri duduk bersandar ke dinding labirin, mengeluarkan kertas dan pensil dari tasnya, lalu mulai menggambar. Setengah jalan ia menggambar, tiba-tiba Ksatria datang dan duduk di sebelahnya. "Apanya yang bermain bersama kalau kau berjalan sendiri dan aku berjalan sendiri?" Putri berkata tanpa mengangkat pandang dari kertasnya. Ksatria tertawa, "Ah, kau salah dengar rupanya.. Aku tadi cuma mengajakmu masuk bersama kan? Hari ini misiku adalah mencari jalan keluar tercepat, mana kutahu kau ingin berjalan bersamaku."

Putri mendelik, dalam hati ingin mencubit Peri keras-keras tapi lalu menghela napas dan tersenyum. Hari itu terlalu cerah untuk dirusak dengan kekecewaan. "Sudah kau temukan jalan keluar tercepatnya?" tanya Putri. Ksatria menggeleng, "Tapi barangkali dengan gambarmu kita bisa temukan jalan itu". Putri mengangguk dan melanjutkan gambarnya, tentu disela dengan masukan Ksatria dan perdebatan di sana-sini. Perdebatan mereka bertabur tawa, meskipun kadang Putri frustrasi serasa ingin membenturkan kepala ke dinding labirin karena kekeraskepalaan Ksatria.

Akhirnya mereka berdua menyelesaikan gambar peta labirin. Berbekal peta itu, dengan cepat mereka bisa menemukan jalan keluar. Putri senang sekali, tapi..

..tak jauh di hadapan mereka, tampak labirin lain.

"Masuk bersama lagi?" tanya Ksatria.
Putri mengerjapkan mata. Candaan semesta macam apa ini.
Ditatapnya mata Ksatria, "Well, your call".

Catatan:
~ Booook ini susah bener nulisnya heuuuuu.. Ngedraft berhari-hari dan hasilnya begini doang T_T tapi ya lumayanlah heheh *menghibur diri*
~ Hey ...! For the coolest conversation in my life so far, I salute and thank you :D
Tuesday 7 January 2014

Hey You,

I'm glad you did what you did.
It hurts, but I'm glad you didn't do what they did.

So, well..
Thank you..
Monday 6 January 2014

Belajar Jadi Ibu

Sejak lama, SD kali ya, cita-cita gw adalah "menjadi istri dan ibu yang baik". Cita-cita ini jugalah yang bikin gw milih kuliah Psikologi dan dengan jujur gw tulis di formulir PPKB. Kuliah Psikologi emang ngasih gw ilmu yang mendukung pencapaian cita-cita itu, tapi soal prakteknya gw ngerasa banyak belajar dari pengalaman sebagai kakak.

Gw anak pertama dengan dua adek yang umurnya cukup jauh dari gw. Adek pertama lebih muda 6 taun dan adek kedua lebih muda 12 taun daripada gw. Kalo cita-cita jadi istri dan ibu yang baik adalah alasan gw milih Psikologi, keinginan untuk terlibat dalam pengasuhan adek-adek gw adalah alasan gw milih kuliah di UI yang relatif deket rumah. Alhamdulillah gw bisa belajar jadi ibu lewat pengalaman sama adek-adek gw. Ini beberapa yang gw inget:
  • Kalo gw lama ga pulang dari kosan, pas gw sampe rumah adek gw yang kedua lari nyamperin dengan senyum lebar mata berbinar dan langsung meluk. Meeen rasanya semua capek desek-desekan di kereta ekonomi kebayar lunas! Hahaha..
  • Gw belajar untuk ngehargain pilihan dan preferensi mereka, meskipun ga sesuai sama keinginan gw. Sebagai anak organisasi, gw pastinya pengen adek-adek gw juga aktif ikut organisasi. Ini ketemu tantangan di adek gw yang pertama. Pas dia keterima SMA yang sama kayak gw, gw ajak makan berdua dan gw tanya dia mau ikut apaan di SMA. Pas dia bilang ga mau ikut OSIS, sejujurnya gw patah hati. Diem-diem gw pengen liat ada adek gw duduk sebagai calon OSIS di depan gw pas gw kenalan sebagai alumni di BLDK. Waktu itu gw berusahaaaa banget untuk ga bilang "Yaah.. masuk OSIS dong.." dan bilang "Oke gapapa, yang penting lu ikut kegiatan baik yang lu suka dan bikin lu berkembang". Pas kelas 1 dia ikut ekskul Tower dan akhirnya pas kelas 2 dia masuk OSIS sebagai perwakilan Tower. Bukan karena arahan gw, tapi karena temen-temennya mempercayakan jabatan itu ke dia dan dia sanggup. Aku bangga sekali :')
  • Gw belajar ngebagi sumber daya (waktu dan tenaga). Adek gw yang kedua les biola, dan di antara orang tua plus kakak-kakaknya cuma gw yang juga belajar musik jadi gw lah yang bisa nemenin dia latihan biola di rumah. Kalo gw lagi banyak kerjaan, ini cukup menantang. Kalo kerjaannya adalah kerjaan-kerjaan yang dikerjain di rumah ya lumayan lah seenggaknya gw bisa ngerjain sambil dengerin dia latihan. Kalo kerjaannya di luar rumah, yaa atur-atur lah apakah dia latihan sebelum gw berangkat atau gw pulang ga terlalu malem supaya bisa nemenin dia latihan. Kadang kalo pulang malem dan capek banget ya males, tapi tetep diusahain. Kalo gw mau dia disiplin latihan ya gw juga harus disiplin dan menepati janji kalo emang bilang mau dengerin dia latihan. Kalo gw lagi di luar juga whatsapp stand by misalkan dia mau nanya harga not, ngubah nada dasar, atau apa gitu. Pengalaman nemenin adek gw latihan biola ini bikin gw bertekad cari kerja yang ga makan waktu di jalan biar punya cukup waktu dan tenaga buat nemenin anak-anak gw belajar nanti.
Apa lagi yak? Sekarang mah lupa hehe, tapi semoga pada saatnya nanti gw inget. Pas dapet topik ini dari Marina gw sebenernya degdegan loh, takut terbaca sok tau, abisnya kalo baca blog atau forum ibu-ibu masa kini suka pada bilang yang intinya "Kalo belom punya anak ga usah banyak komentar soal jadi ibu deh" tapi yaaa berhubung udah janji mau nulis, maka marilah ditulis hehe.. Itung-itung pengingat buat diri sendiri lah, takut lupa dan berubah jalan pikirannya ntar hehe.. Gw juga kan antara lain suka berdoa supaya tetep inget rasanya jadi anak ketika gw jadi ibu. Semoga yang baca ini juga berkenan doain gw beneran bisa jadi istri dan ibu yang baik ya nantinya :)

Unconditional Love

Gw sebenernya jarang banget make kata "cinta" dalam kamus kehidupan gw. Soalnya menurut gw cinta itu berat. Kalo cinta, memberi dan berkorban udah ga pake itungan. Teruuuus aja, dan lupa. Ga diinget-inget udah ngasih apa, kalopun inget kemudian ngerasa masih kurang trus ya ngasih lagi.

Selain itu, menurut gw cinta itu bukan "karena" tapi "walaupun". Kalo cintanya karena sesuatu, trus gimana kalo sesuatunya udah ga ada? Ga cinta lagi dong.. Sementara itu, kalo cintanya "walaupun" yaa walaupun ada sesuatu yang ga enak, cinta mah tetep cinta aja. Jadi, menurut gw semua cinta itu unconditional. Kalo masih conditional berarti belum cinta hehe..

Ah gw geli banget deh banyak nyebut kata "cinta" di tulisan ini.. Udahan aja yaa nulisnya :p
Thursday 2 January 2014

Brownies dari Hati

Selamat pagiiii..
Udah tanggal 3 tapi baru mau nurunin tulisan pertama buat #31shnt hihihi.. Gapapa lah ya, kan gw bilangnya "31 tulisan dalam 31 hari" jadi ga mesti tiap hari satu tulisan dong ya *yaelah ngeles aja mbaknya hahaha*. Tulisan pertamanya dari usulan Marina, tentang brownies. Buat pertama mah yang gampang aja dulu nulisnya haha..

Alkisah, pas lulus S2 gw mau ngasih tanda terima kasih buat orang-orang yang namanya masuk ke ucapan terima kasih di tesis gw. Gw bikin lah tu brownies + surat kecil buat mereka. Sebenernya waktu itu masih trial and error soal jumlah gula, suhu oven, dll jadi browniesnya ga bagus-bagus amat bentuknya dan belom pas rasanya menurut gw. Herannya, orang yang gw kasih brownies yang bagian tengahnya mblesek lebih rendah daripada pinggirnya malah bilang "Ne lo jualan aja gih". Gw ketawa-ketawa doang bilang "Yaelah siapa yang mau beli deh?" tapi jadi kicep takjub pas dia bilang "Gw, beli buat anak-anak perkusi". Aaaaaakkkk Kakak Budiiiiiiii.. Yaudah, bismillah aja deh.. Jadilah pesenan pertama dateng dari Budi dan Aldy, 2 loyang buat anak-anak perkusi MBUI 2013. Makasih banyak Om Budi & Om Aldy :D

Nah trus adek gw yang lagi ngedanus buat acara sekolahnya mesen juga buat dijual di sekolah. Habis jualan hari pertama, heboh gitu dia karena katanya abis dalam sekejap :D Yaudah deh habis itu dilanjut jualannya, antara 1-4 loyang (20 potong per loyang) per hari. Cerita adek gw soal temen-temennya yang beli brownies tu bikin hati hangat banget deh.. Gw sampe suka takjub sendiri, kok temen-temennya sampe berebutan beli gitu hihi.. Trus jadinya ada yang pesen loyangan juga buat dibawa ke rumah, daaan ada yang mesen lagi mesen lagi. Awww :')

Brownies ini ngasih liat ke gw kalo rezeki Allah bisa datang dari arah yang ga disangka-sangka. Pas gw baru lulus, belom kerja, belom ada proyek apa-apa, eeh ada penghasilan dari sesuatu yang sama sekali ga direncanakan dan ga kebayang sebelumnya. Emang Allah Mahakeren lah :D

Kalo inget-inget pengalaman gw dalam per-brownies-an ini seru dan bersyukur deh. Dari cuma punya loyang satu sampe sekarang punya delapan. Dari tadinya garis-garisin lembaran kertas roti buat alas loyang sampe sekarang tinggal lipet-gunting doang karena udah punya triknya. Dari tadinya pake mixer yang umurnya lebih tua dari adek gw yang pertama sampe beli mixer baru karena mixer lama suka panas sampe adonanya mateng dalam mangkok :)) Trus pas beli mixer baru norak banget karena speed 1 di mixer baru setara speed 3 di mixer lama haha.. Dari tadinya ga bisa nyalain oven sendiri sampe sekarang udah santai. Dari tadinya ga canggih ngeluarin brownies dari loyangnya sampe sekarang udah lancar. Trus juga soal ketepatan ukuran dan keadilan antar loyang *asik* kalo pas bikin banyak. Hihi pokoknya seru deh.. Alhamdulillah banget bisa banyak belajar :) Oh, keseruannya juga termasuk mau nangis pas bikinnya gagal (trus disulap jadi cookies hahah) dan tiba-tiba listrik mati pas gw lagi ngocok hahaha..

Satu yang ga berubah, dan ga ingin gw ubah, adalah berdoa sambil bikin brownies. Kurang lebih kayak yang gw ceritain di sini lah. Ini juga yang bikin gw ga pengen bikin jualan dalam skala besar maupun promosi besar-besaran. Gw mau semua brownies yang gw bikin adalah personal, bikinan gw, dibikin dan didoain dengan sepenuh hati. Drama? Ya kalo ga gitu mah bukan gw :p

Semoga brownies (dan makanan apapun bikinan gw) jadi berkah dan kegembiraan
buat yang bikin dan yang makan :)

Wednesday 1 January 2014

#31shnt

Gw sempet vakum ngeblog cukup lama tahun lalu, tapi di sisi lain banyak nulis dengan langgam ilmiah (halo, tesis! halo, laporan tes psikologi dan laporan penelitian!). Akhirnya, gw ngerasa otot-otot nulis gw jadi kaku. Gw ngerasa kesulitan bercerita lewat tulisan dan gaya bahasa gw jadi gitu-gitu aja, meskipun kalo cerita secara lisan tetep lancar dan drama :))

Karena gemes sama diri sendiri, akhirnya gw mutusin buat bikin proyek nulis lagi. Pas lah untuk memulai 2014, sama kayak gw memulai 2011 dan 2012 dengan proyek nulis juga. Selama 31 hari di bulan Januari ini gw akan bikin 31 tulisan dalam proyek #31shnt. Kali ini proyek nulisnya nyusahin diri sendiri, karena tema tulisannya gw minta dari orang lain. Meeen! Gw kan egois kalo nulis, semau gw dan ga selalu nemu mood yang pas buat nulis sesuatu. PR banget nulis berdasarkan pesenan gini hahaha.. Tapi ya namapun niatnya melenturkan otot nulis, ya marilah! Semoga gw bisa banyak belajar, bereksplorasi, dan memaksa diri sendiri.

Ini usulan-usulan tema yang gw terima:
  1. Fiksi: laki-laki yang suka sama perempuan berpacar (Agus)
  2. Dipikir teu kapikir (Tuthie)
  3. Menjadi ibu (Marina)
  4. Brownies (Marina)
  5. Patahati (Marina)
  6. Dari hati sampai ke hati (Wanda)
  7. Memilih dan konsekuensinya (Wanda)
  8. Dilema terbesar dalam hidup (Wanda)
  9. Cak nikah 25 Januari (Cak)
  10. Tepat waktu dan waktu yang tepat (Fey)
  11. Ferris wheel: up and down (Fey)
  12. Tentang menulis (Fey)
  13. Saya, kamu, dan mereka (Fey)
  14. Doa pribadi (Fey)
  15. Bromance (Kandra)
  16. Redefining new life (Della)
  17. I don't wanna miss a thing (Della)
  18. Unconditional love (Chya)
  19. Kenyataan (Alita)
  20. Mimpi (Ovie)
  21. Bayi (Mimi & Nindia)
  22. Diri (Idha & Budi)
  23. Orientasi organisasi siswa vs mindset mereka jaman sekarang (Idjah)
  24. Memaafkan diri sendiri & orang lain (Sasa)
  25. Belajar ngejalanin proses (Sasa)
  26. Antara yg benar & yg mudah (Sasa)
  27. Menginspirasi & diinspirasi orang lain (Rima)
  28. Bapak (Heggy)
  29. Dialog dalam diri antara ide-ide saintifik dengan ide-ide agama (Akhyar)
  30. Efek media sosial (Puti) 
  31. Cinta Platonik (Kakdim)
Selamat membaca :D
 

Blog Template by BloggerCandy.com