Pages

Thursday 10 September 2015

Kenapa Kasih Saran Tentang Anak?

Berawal dari pertanyaan Mimi yang lagi bantuin penelitian orang, gw jadi merhatiin timeline media sosial gw dengan sedikit lebih serius. Yang akan gw bahas di tulisan ini lebih ke Instagram dan Facebook sih, karena fenomenanya juga lebih banyak gw temukan di situ daripada di Path, Twitter, atau Periscope. Gw ga masukin Snapchat dan ask.fm karena gw ga punya akunnya hahaha lagian tampaknya dua platform itu ga banyak dipake sama kelompok orang yang gw amati ini.

Meskipun pengamatannya sedikit lebih serius, ini bukan penelitian beneran yang pake 'niat' ngerjainnya jadi gw pun hanya mengamati apa yang udah ada di timeline gw. Artinya, latar belakang demografis dan minat gw juga mempengaruhi apa yang kemudian gw liat. Kalau digambarkan, yang gw amati di timeline gw adalah perempuan usia 25-35 tahun yang topik post-nya berkisar pada anak, skincare, dan makeup. Orang-orang ini ada yang gw kenal secara personal dan ada juga yang nggak.

Ada beberapa fenomena yang menarik berdasarkan hasil pengamatan gw. Sekarang gw mau bahas yang paling konsisten gw temukan dan paling anget gw bahas sama Mimi tadi pagi: komentar berupa saran.

Menurut KBBI, "saran" artinya "pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan". Kebayang lah ya contoh "saran" itu kayak apa. Nah, yang gw temukan, orang cenderung kasih komen berisi saran di post yang topiknya tentang anak. Post itu sendiri seringkali ga berupa pertanyaan atau permintaan saran, tapi ada aja lho yang komen berupa saran. Hal ini gw temukan di post-nya selebgram dengan ribuan followers maupun rakyat jelata macam gw. Komen berupa saran ini bisa datang dari orang yang gw tau saling mengenal maupun dari orang yang gw asumsikan tak dikenal. Hal yang disaranin dalam komen itu bisa macem-maceeeeem banget, mulai dari cara cara berpakaian anak sampe saran untuk ngasih adik lagi buat anaknya.

Caption foto ini membahas baju menyusui, tapi komennya......
Sejauh yang gw amati, saran-saran ga diminta itu ga muncul dalam post yang topiknya skincare atau makeup. Gw belom pernah nemu tuh ada komen semacam "Jangan pake lipstik merk itu, kan bikin kering.." di post berupa foto Face of The Day atau swatch lipstik.

Nah, sekarang gw jadi penasaran nih..
Pengamatan gw bener ga sih? Dan kalau bener, kenapa ya?
Karena itu, boleh ya gw minta tolong buat jawab pertanyaan-pertanyaan di sini.. Atau kalo males buka link-nya mangga lah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini lewat komen di sini, email ke shantiandin@gmail.com, atau WhatsApp ke gw :D

  1. Pernah ga liat ada saran tanpa diminta tentang anak di post orang lain?
  2. Pernah ga dapet saran tanpa diminta waktu ngepost tentang anak?
  3. Pernah ga kasih saran tanpa diminta tentang anak di post orang yang dikenal? 
  4. Kalau pernah, apa alasannya?
  5. Pernah ga kasih saran tanpa diminta tentang anak di post orang yang ga dikenal? 
  6. Kalau pernah, apa alasannya?
  7. Pernah ga kasih saran tanpa diminta tentang topik selain anak di post orang yang dikenal? 
  8. Pernah ga kasih saran tanpa diminta tentang topik selain anak di post orang yang ga dikenal? 
  9. Kalau pernah, apa topiknya? (Sebutkan)

Trimakasiiii :)

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com