Pages

Friday, 7 August 2015

Hamil!

Siapa yang hamil?
Gw lah
Hah? Utang postingan nikahan aja belom lunas tau-tau udah ngepost hamil aja :|
Hahaha ya maap..

Hyak, akibat kemalasan dan berbagai alesan gw untuk ga ngeblog berbulan-bulan, cerita hamil ini belom pernah gw tulis. Sekarang gw ceritain highlights-nya aja ya, habis sebagian besar udah lumayan lama juga kan kejadiannya jadi udah ga detail-detail amat ingetnya.

Sebelum dan Awal Hamil
  • Sejak awal 2014 gw berobat ke dr. Nanang Sukmana karena gw alergian macem-macem dan (ternyata) punya ANA Profile yang positif. Salah satu kegunaan terapinya adalah mempersiapkan supaya gw bisa hamil dan pas hamil bayinya ga diserang sama antibodi gw sendiri. Waktu mulai terapi ini mah gw boro-boro ada rencana nikah dan hamil lah, pacar aja ga ada haha..
  • Pas bilang ke dr. Nanang kalo gw mau nikah, beliau wanti-wanti supaya gw menunda kehamilan kalo ada indikator kesehatan yang belum terpenuhi. Gw oke-oke aja, soalnya emang ga ngebet pengen punya anak juga.
  • Seminggu setelah nikah, kontrol ke dr. Nanang dan lagi-lagi dipesenin kalo baru boleh hamil kalo hasil tes lab udah blablabla atau "paling nggak 3 bulan lagi lah". Pas denger gitu lumayan panik karena ada kecurigaan gw udah hamil hahahaha.. Langsung deh beli testpack..
  • Sampe rumah habis dari dr. Nanang gw tes tuh langsung. Abis dicelup, tunggu, trus keluar 1 garis. Fyuh alhamdulillah.. Testpacknya gw taroh trus gw wudhu. Pas gw selesai wudhu.. EH? LHO? INI GARISNYA SATU APA DUA??? Jengjeng! Panik tapi sok asik karena kenyataannya gw belom telat menstruasi.
  • Sekitar seminggu kemudian pas udah telat ngetes lagi, daaaaaan...... tidak diragukan lagi. Gw hamil :O
  • Sambil berusaha pasrah, tenang, dan senang, mulailah cari-cari dokter kandungan.
Trimester 1
  • Mual muntah parah sampe berat badan turun dan *katanya* muka pucet melulu. Ga bisa makan, yang lumayan bertahan ga dimuntahin cuma buah-buahan sama es krim. Pas akhirnya bisa makan sereal plus susu rasanya berprestasi banget :D
  • Jadi ga suka Andy. Menurut gw waktu itu, Andy (dan hampir segala hal lain) baunya ga enak. Trus tiap Andy pulang, gw muntah ahahaha.. Dia baru buka pintu aja gw langsung kabur ke toilet.  
  • Sempet ga bisa naik mobil. Naik Deborah rasanya mau mati, naik taksi keliyengan, naik mobil Andy pun sepanjang jalan diem nahan mual. Jadilah ke mana-mana naik ojek karena kalo naik ojek ga mual. Bener-bener anak gw ini, hobi naik ojek :))
  • Suatu hari di usia kehamilan 11 minggu, gw bangun pagi dan ngerasa "Okeh mulai hari ini mualnya ilang", dan bener aja loh! Ga 100% ilang sih, tapi jauuuuuuh berkurang.
  • Ternyata eh ternyata, mual berkurang tapi diganti sama sakit kepala luar biasa. Ahahaha.. Kapan itu sampe pernah ngeri sendiri karena bangun tidur mau ngangkat kepala aja ga bisa :O
  • Tiap kali ke dokter degdegan takut anaknya kenapa-kenapa, lalu lega luar biasa pas denger jantungnya berdetak kuat dan dokter bilang normal :)
  • Oh iya, bayi dalam kandungan gw dipanggil "Anak". Bukan "kakak", "junior", "Baby X", atau apalah..
Trimester 2
  • Sempet flek sampe nangis berderai-derai *azek* karena udah bed rest tapi kok malah makin banyak fleknya. Ternyata pas diperiksa dokter bilang gw flek karena anaknya besar dan gerak-gerak terus sehingga (gampangnya mah) dia nyenggol dinding rahim gw sampe berdarah. Wow rusuh amat bocah.. Bener-bener anak gw dan Andy :))
  • Akhirnya datanglah masa-masa "enaknya hamil". Badan udah seger, bisa makan, bisa naik kereta dan naik bis sendirian. Alhamdulillah :')
  • Akhir trimester 2, kaki bengkak ginuk-ginuk. Sepatu naik 2 ukuran, jadi lah sampe sekarang seringkali sepatunya ga matching sama baju karena cuma beli 1 sepatu baru biar ga mubazir kalo kakinya udah normal lagi ntar *pelit*
  • Saking segernya di akhir trimester 2 alhamdulillah masih kuat dines ke Semarang naik pesawat PP dalam sehari :D
  • Anak mulai kerasa bergerak sekitar usia kehamilan 4 bulan. Awalnya gw kira angin *hahaha dasar ibu-ibu newbie* tapi ternyata itu manusia mini yang berenang dalam rahim gw hihi.. Dokter bilang Anak aktif bergeraknya, sampe kalo USG suka susah difoto -_-
  • Baju-baju sebelum hamil masih pada muat dengan leluasa. Berarti sebelum hamil gw udah segede orang hamil :O
Trimester 3
  • Begitu masuk trimester 3, mulailah berasa "hamil banget". Pengen makan ini itu, kaki bengkak melulu, perut rasanya berat, laperan, dan bawaannya kegerahan melulu. 
  • Kegerahannya tuh level udah-pake-AC-aja-masih-keringetan zzzz..
  • Mual-mual kembali menyerang hahaha meskipun muntahnya sesekali aja.
  • Di usia kehamilan hampir 8 bulan, nonton konser Big Bang :D
  • Waktu mudik juga masih naik pesawat, dan sempet lumayan ribet di Bandara karena ga bawa surat dokter yang valid haha -_-
  • Gerakan-gerakan Anak makin kuat, bisa dirasakan bahkan kadang keliatan dari luar. Gerakannya juga udah terpola waktunya.
  • Cepet capek, mungkin karena udah lumayan berat perut yang digotong ehehe..
  • Ga terlalu ada semangat belanja barang-barang bayi maupun kegemesan liat pernak-pernik bayi. Aku ibu kurang romantis nampaknya -_-
  • Biarpun begitu, sangat bersemangat buat 'riset'. Ngumpulin data harga berbagai merk pospak di berbagai tempat, survey harga baju bayi di berbagai tempat, belajar tentang ASI dan menyusui, dan nyari data tentang car seat dan stroller. Sekali geek tetap geek ahahaha..
  • Mulai ikutan senam hamil.
Pas awal hamil gw suka sewot kalo ada yang bilang "wah ga kerasa ya hamil tau-tau udah sekian bulan aja". Dalam hati teriak "KERASA BANGET KALI NJIR" hahaha.. Pas udah seger baru deh beneran ga terlalu kerasa, tau-tau dokter bilang kontrolnya udah per dua minggu aja. Wow! Lusa kehamilan gw masuk usia 33 minggu. Anak alhamdulillah sehat dan besar. Trus nyokap gw bilang gw dan adek-adek gw lahirnya di minggu ke-36. Jengjeng! Trus pas halal bi halal orang SDM kantor udah nyuruh cuti dan siapin orang pengganti selama gw cuti. Bok!!! Gw belom belanja apa-apa ahahahaha.. Masih suka watir ga bisa ngurus anak juga.. Ahahahahahaha bagaimana iniiii *ketawa stres*

Doakan gw dan Anak sehat sehingga Anak bisa lahir dengan lancar yaa..

2 comments:

besinikel said...

Iya jangan dikasi nama panggilan Kakak, maunya punya adek, eh belum2 aja hahahahahaahah :)))))

izza almaghviro said...

Halo..
Waktu hamil tetap kontrol ke dr nanang gak?
Dan obat apa aja yg diminum selama hamil? Soalnya saya mengalami hal yang hampir sama hehehe

Post a comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com