Pages

Friday, 28 August 2015

Biaya Melahirkan di RS Pondok Indah (2015)

Pas tau kalo hamil, selain milih-milih dokter kandungan (DSOG) pastinya gw juga milih-milih rumah sakit buat kontrol rutin dan melahirkan. Cerita milih DSOG insya Allah nanti ditulis terpisah ya, sekarang gw mau bahas pilihan rumah sakit dulu. Setelah ngebandingin langsung pelayanan dari 4 rumah sakit terkenal di Jakarta, gw akhirnya mantep milih RS Pondok Indah buat kontrol rutin maupun melahirkan. Kenapa? Soalnya...
  1. RSPI cukup mudah dan cepet diakses dari Cinere, Depok, dan Bogor. Jadi kalo gw kontraksi di rumah, kantor, maupun rumah ortu insya Allah cepet sampe lah ke rumah sakitnya.
  2. Di RSPI ada DSOG konsulen fetomaternal dan dokter internis konsulen alergi & imunologi. Dulu pertama ke dokter alergi sama dokter yang di RSPI ini, gw juga pernah rawat inap di RSPI gara-gara alergi, jadi ya udah ada lah rekam medik gw di sana.
  3. Sistem antri dokternya enak banget! Daftarnya lewat telpon trus pas daftar itu langsung dikasih nomer dan perkiraan jam ketemu dokternya. Pas hari periksa atau sehari sebelumnya dapet SMS pemberitahuan jam praktik dokter, kalau-kalau dokternya majuin/mundurin jam praktik (dokter gw sering nih hahaha) jadi kita bisa ngira-ngira lagi ketemu dokternya bakal jam berapa. Karena udah ada perkiraan jam itu pas sampe di poli jadi ga nunggu lama, paling cuma 1-2 pasien trus kita masuk deh ke ruang dokternya. Karena sistem itu juga, poli kebidanan yang nyatu sama poli anak itu ga rame dan rusuh sama bocah-bocah berkeliaran.
  4. RSPI pro ASI. Berdasarkan informasi di buku panduan pasien, admission office, maupun bidan, di RSPI bisa IMD sampai dengan 2 jam dan bisa rooming in.
  5. Bidan-bidan dan perawat-perawatnya baik dan ngademin >>> subjektif abis ahahaha..
Karena faktor-faktor di atas terutama nomer 2, gw merem aja deh sama tarif RSPI yang cukup mahal. Toh gw puas sama pelayanannya. FYI aja nih, dari 4 RS yang gw 'icipin' selama hamil ini, 2 RS lebih mahal dari RSPI tapi pelayanannya cukup bikin gondok karena menurut gw ga sebanding sama harga dan terlalu apa-apa disuruh bayar.

Untuk biaya melahirkan di RSPI, paket yang diinfokan ke pasien adalah harga perkiraan standar. Buat yang melahirkan per vaginam alias normal harga paketnya buat 3 hari, tapi kalau ternyata udah bisa pulang sebelum perkiraan dalam paket ya jatohnya lebih murah. Rinciannya ada di tabel di bawah ini yaa..

Kls III/CKls II/BKls I/AVIPVVIP BVVIP ASuite
Jasa dokter obgyn3.500.0003.500.0004.000.0005.500.0006.500.0006.500.0007.000.000
Jasa visite dokter obgyn (3 hari)525.000675.000825.000975.0001.050.0001.050.0001.200.000
Jasa visite dokter anak (3 hari)750.000750.000750.000750.000750.000750.000750.000
Kamar bersalin1.750.0002.000.0002.600.0003.100.0003.100.0003.800.0004.400.000
Kamar perawatan ibu (3 hari)750.0001.800.0002.700.0005.250.0006.750.0008.250.00015.000.000
Kamar perawatan bayi (3 hari)2.550.0002.550.0002.550.0002.550.0002.550.0002.550.0002.550.000
Obat/alkes ibu dan bayi (di kamar bersalin)1.331.0001.331.0001.331.0001.331.0001.331.0001.331.0001.331.000
Laboratorium762.300762.300922.383922.383922.383922.383922.383
Surat keterangan lahir138.000138.000138.000138.000138.000138.000138.000
CTG (2x)400.000400.000400.000400.000400.000400.000400.000
Jasa pendampingan dokter anak partus800.000800.000800.0001.000.0001.100.0001.100.0001.200.000
Jumlah13.256.30014.706.30017.016.38321.916.38324.591.38326.791.38334.891.383

Nah kalo melahirkannya pake operasi maka biayanya diperkirakan buat 4 hari rawat inap. Rinciannya di tabel di bawah ini.

Kls III/CKls II/BKls I/AVIPVVIP BVVIP ASuite
Jasa dokter obgyn5.000.0005.000.0006.000.0008.000.0009.000.0009.000.00010.000.000
Jasa visite dokter obgyn (4 hari)700.000900.0001.100.0001.300.0001.400.0001.400.0001.600.000
Jasa visite dokter anak (4 hari)1.000.0001.000.0001.000.0001.000.0001.000.0001.000.0001.000.000
Jasa dokter anaestesi2.000.0002.000.0002.400.0003.200.0003.600.0003.600.0004.000.000
Kamar operasi4.000.0001.500.0005.000.0005.500.0006.000.0006.000.0006.500.000
Kamar perawatan ibu (4 hari)1.000.0002.400.0003.600.0007.000.0009.000.00011.000.00020.000.000
Kamar perawatan bayi (4 hari)3.400.0003.400.0003.400.0003.400.0003.400.0003.400.0003.400.000
Obat/alkes ibu dan bayi (di kamar operasi)6.897.0006.897.0006.897.0006.897.0006.897.0006.897.0006.897.000
Laboratorium1.270.5001.270.5001.537.3051.537.3051.537.3051.537.3051.537.305
Surat keterangan lahir138.000138.000138.000138.000138.000138.000138.000
CTG (2x)400.000400.000400.000400.000400.000400.000400.000
Persiapan SC di kamar bersalin300.000300.000300.000375.000375.000375.000375.000
Jasa pendampingan dokter anak sectio1.000.0001.000.0001.200.0001.500.0001.700.0001.700.0002.000.000
Jumlah27.105.50026.205.50032.972.30540.247.30544.447.30546.447.30557.847.305

Beberapa keterangan dari biaya di atas:
  • Belum termasuk administration fee.
  • Belum termasuk obat/alkes di kamar perawatan, pemeriksaan penunjang, konsultasi dengan dokter bidang lain (jika diperlukan), dan obat/alkes di kamar bersalin yang di luar standar.
  • Uang muka 70% dari perkiraan biaya di atas dibayarkan saat masuk.
  • Meskipun rooming in tetep bayar kamar perawatan bayi -_-"
  • Kalo kamar di kelas yang kita mau lagi penuh, sementara akan dikasih kamar yang kelasnya lebih tinggi dengan tetap membayar harga kamar di kelas yang kita mau. Kalo udah ada yang kosong di kelas yang kita mau baru pindah.
  • Sistemnya bukan booking kamar tapi pas udah kontraksi dan sampai RS, sementara pasien masuk ruang observasi keluarganya daftar dan bayar uang muka.
  • Untuk dokter anak (DSA) pendamping persalinan umumnya dokter yang praktik tiap hari di RSPI (hore dr. Yovita!) kecuali kalau ada permintaan khusus dari pasien.
Semoga bermanfaat ya informasinya :)

3 comments:

Beautyasti1 said...

Duh, ruman sakit pondok indah ini memang ribet deh, penuh terus macam hotel di musim liburan.. Udah gitu mehong hihihii.. Thanks info nya

Shanti said...

Sama2, semoga bermanfaat :)
Saya sih puas bgt sama RSPI, jd mahal pun terasa worth it hehe..

Ina kInasih said...

mba saya mau nanya d RSPI dokter kandungan rekomennya siapa ? makasi sblmnya

Post a comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com