Pages

Monday, 28 December 2015

Anakku 3 Bulan: Benda-Benda Berguna

Kayaknya dulu gw sempet berniat nulis daftar belanja perlengkapan bayi tapi akhirnya ga jadi nulis ya? Haha.. Sekarang gw ganti aja sama perlengkapan yang udah terbukti gw pake selama 3 bulan ini yaa..

Pakaian Bayi
Pospak
Ga kebayang gw kalo harus nyuci popok kain seabrek-abrek apalagi pas baru lahir dan sering banget BAB. Waktu di RS pake Mamy Poko cocok, di rumah sempet ganti Nepia trus rash jadi balik ke Mamy Poko. Setelah sebulanan dicoba selang-seling pake Nepia lagi (biar abis aja, sayang haha) alhamdulillah gapapa. Kemaren iseng nyobain merk Sensi tapi menurut gw kurang oke daya serapnya.

Baju-baju rumah (?)
Entah apa ini nama sebenernya haha ya pokoknya baju-baju atasan dan celana yang biasa dijual di toko bayi lah. Gw beli merk Nova, Libby, sama Fluffy, dan ternyata yang paling awet ga cepet berbulu meskipun dicuci pake mesin tuh yang merk Nova. Gw beli langsung ukuran 3 bulan bukan ukuran newborn biar bisa dipake lama. Yah emang sih pas baru lahir jadinya hiphop gitu haha.. Oia, menurut gw beli 6-9 set baju dan celana cukup kok kalo nyucinya setiap hari atau dua hari sekali. Gw belinya campur antara baju kutung, tangan pendek, dan tangan panjang tapi ternyata yang tangan panjang jarang dipake soalnya 3 bulan ini puanas banget. Baju tangan panjang baru kepake pas udah masuk musim hujan.

Baju terusan tutup kaki
Gw kalo di rumah jarang pake AC dan anak gw kayak bapaknya, tangan dan kakinya dingin kalo di ruangan ber-AC. Pas Anak udah mulai ikut gw ke kantor (yang ruangannya ber-AC), baju terusan tutup kaki ini berguna banget karena ga ribet makein kaos kaki yang sering copot trus keselip/ilang hehe.. Bentukan anaknya juga jadi lucu banget menurut gw pas pake baju ini, kaya ulat apalagi kalo udah uget-uget <3

Singlet terusan
Anak gw jarang gw pakein singlet, tapi kalo pas pake gw lebih suka pakein singlet yang terusan dan berkancing di bagian bawah. Enaknya pake ini karena rapi, ga kegulung/kesingkap meskipun anaknya gerak-gerak. Gw pake merk Briel & Berry Blue. Dua-duanya oke aja sih menurut gw, Berry Blue bahannya agak lebih tebal dan ukurannya lebih kecil sedikit.
Sumber: www.atozfamilystore.com
Perlengkapan Jalan-Jalan
Car Seat
Awalnya naksir banget sama Graco 4Ever All-In-One, tapi maju mundur mau beli karena mahal hahaha.. Cari-cari alternatif, nemulah Joie Steadi ini, tapi masih ragu karena ga banyak yang review. Akhirnya bela-belain ke Muara Karang buat liat dan bandingin langsung keduanya. Pas diliat sih sama okenya, Steadi juga nampak kokoh, aman, dan nyaman. Pas gw tanya ke yang jual katanya cuma beda usia maksimal pemakaian aja, Graco 4Ever bisa dipake sampe anaknya umur 10 tahun sedangkan Joie Steadi sampe 4 tahun doang. Denger gitu gw jadi mantep beli si Steadi deh, abisnya kan anak gw umur 4 tahun paling udah naik jemputan atau angkot yang jelas-jelas ga mungkin dipasangin car seat :p Setelah 3 bulan pake sih gw puas pake Joie Steadi, setting-nya gampang dan anak gw nyaman di situ. Oia, gw beli di Kyrakidz karena harga oke dan bisa liat barang di tokonya. Ya maklumlah barang mahal jadi gw rada watir kalo beli online. Setelah sekali ngecek ke tokonya di Muara Karang sih gw ga akan ragu lagi kalo mau belanja online di Kyrakidz soalnya barangnya emang asli meskipun harganya jauh lebih murah daripada di mall atau baby shop.

Stroller
Gw tadinya males beli stroller soalnya menurut gw ribet bawanya kalo jalan-jalan. Akhirnya emang ga beli sih, tapi dikasih stroller bekas adek gw 15 tahun yang lalu :D Masih oke lho! Harness-nya ga five point sih tapi gapapa lah selagi anak gw cuma posisi tiduran aja di situ. Sekarang stroller ini kepake banget buat singgasana Anak selama di kantor gw. 

Gendongan
Gendongan ini adalah barang yang gw yakin diperlukan tapi belum gw beli haha.. Sengaja sih mau nyoba beberapa macem dulu baru memutuskan beli yang mana. Sejauh ini udah nyoba Bobita Wrap (gerah banget pas dipake, gw dan Anak basah kuyup keringetan kalo habis pake ini), Baba Sling (ga bisa makenya ah haha), Ergo Classic (anak gw terlihat ga nyaman, kayak terlalu ngangkang gitu kakinya), Ergo 360 (dulu nyoba pas newborn, ribet mesti pake insert), sama Beco Gemini. Paling oke sih Beco Gemini ya menurut gw. Buat bayi muda ga ribet pake insert dan bayinya juga keliatan nyaman di situ. Kemaren Anak dibawa belanja pake Beco Gemini sukses tidur sampe baju bapaknya basah sama iler hahaha.. Oia gw nyoba-nyoba ini ada yang dikasih dan ada yang sewa. Gw pernah sewa di Bambino Piccolo Bogor, Babyloania, dan ASA Rental.

Alas ganti + bantal
Gw dibeliin nyokap semacam perlak tipis dari kain berlapis bahan anti air gitu yang bisa dilipat dan ga makan tempat di tas. Dengan alas ini ditambah bantal gw ga perlu khawatir kalo bawa anak jalan-jalan dan ga nemu ruangan bayi. Tinggal gelar, beres :D
Bantal yang lagi hits di kalangan bayi masa kini :p
Sumber: babymickeyy

Perlengkapan Mandi
Baby Bather
Sejak umur 2 minggu Anak mandinya pake ini. Enak dan praktis menurut gw, tinggal siram-siram pake shower. Pas masuk 3 bulan dia mulai menggeliat dan merosot mulu kalo dimandiin, jadi mesti lebih waspada meganginnya.

Bak Mandi Puku
Kalo di rumah eyangnya, si Anak mandi pake cara dilap dulu di kasur trus nyebur bilas di bak ini. Lebih ribet sih tapi anaknya seneng berendem dan nangis kalo diangkat haha.. Oia gw beli yang ada dudukannya, menurut gw malah kurang enak sih karena kurang leluasa di dalemnya.
Sumber: olx

Sebamed Diaper Rash Cream & Salep Myco-Z
Penolong Anak pas diaper rash. Pake Myco-Z sampe sembuh dan mulus lagi kulitnya trus dilindungi pake Sebamed. Sekarang kalo udah keliatan merah dipakein Sebamed.
Sumber: MIMS


Lain-Lain
Baby Crib
Begitu liat videonya langsung jatuh cinta sama Nuna Sena <3 <3 <3 Gampang banget kalo mau diangkut-angkut dari rumah ke rumah eyangnya. Karena sisi-sisinya dari mesh, Nuna Sena aman buat anak gw yang kalo tidur suka maju-maju sampe mentok ke pojokan dan gw juga bisa ngintip Anak dengan gampang dari tempat tidur gw. Crib ini gw beli di Kyrakidz.

Kursi Lipat
Biasanya kalo gw dan Andy makan, Anak didudukin di kursi ini yang ditaro di atas meja. Dia bakal ngeliatin kami makan dengan muka tertarik sambil ngiler haha.. Mudah-mudahan pertanda kalo nanti dia bakal gampang makannya ya.. Kursi ini juga ikut dibawa kalo pergi ke restoran yang ortunya bakal lama di situ (baca: restoran bapaknya).
Punya gw persis kayak gini nih hehe.. Makasih ya Uya & Nina :)
Sumber: http://www.laviebabyhouse.com/
Termometer
Wajib punya ini mah, tapi gw telat sih baru punya pas kebutuhannya udah mendesak alias watir Anak demam habis vaksinasi. Gw pake yang ditembak ke jidat merk Microlife.
Sumber: Rakuten Malaysia


Perlengkapan Emaknya
Nursing cover
Dengan nursing cover ini gw bisa nyusuin di tempat umum dengan leluasa. Lengkungan di bagian leher juga bikin Anak ga kepanasan dan bisa liat-liatan sama gw *romantis haha* Selain itu, nursing cover ini juga bisa jadi selimut dan alas darurat. Makasih banget lah sama Sekte yang udah ngadoin ini :* :* :*
Sumber: Little Hannah Shop

Nursing Bra
Gw pake dari Big Ol Belly & Cheerilee Bra. Model dan bahannya bener-bener mirip nursing bra merk Mamaway dengan harga seperlimanya hohoho.. Cheerilee lebih mahal daripada Big Ol Belly tapi ready stock terus dan insert busanya lebih bagus.

Korset dkk.
Sampe sekitar sebulan setelah melahirkan gw pake terus benda-benda penyangga perut ini. Gantian antara gurita tali, gurita velcro, stagen panjang, dan korset Big Ol Belly. Paling enak dan ga ribet pastinya korset ya, trus nomer dua stagen panjang. Gurita menurut gw baru enak dan kenceng kalo dipake sambil tiduran dan dipakein/dikencengin sama orang lain. Gw melahirkannya kan dioperasi, kalo ga pake penyangga perut ini wuih rasanya perut kaya mau copot haha..

Breast pad
Awalnya gw pake disposable breast pad dari Pigeon tapi trus gw ganti sama lap microfiber yang dilipat. Sempet nyoba reusable breast pad Dr. Brown tapi ga enak gitu lembab kalo gw keringetan dan serat kainnya keluar-keluar.

Breast pump
Gw ga punya sih ini hahah.. Nyewa aja di Nami Chan. Waktu itu sewa Philips Avent Manual Comfort sama Unimom Mezzo yang katanya KWannya. Yaa tetep jauh lebih enak si Avent sih. Waktu itu gw sewa karena aliran ASI terlalu deras jadi Anak sering keselek, mesti dipompa dulu sedikit biar dia nyusunya enak. Gw akhirnya belum beli karena toh Anak ke mana-mana ikut gw jadi ga perlu-perlu amat nyetok ASIP. Nah tapi sejak kejadian clogged duct kemaren jadi mikir untuk beli nih..

Udah deh, itu aja yang gw inget buat di-review heheh..
Semoga bermanfaat :)

1 comments:

@danirachmat said...

Kalo saya yangvpaling kerasa bantuannya ya pospak dan carseat. Hidup berasa jauuuh lebih mudah pakai dua itu. :D

Post a comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com