Pages

Tuesday, 19 July 2016

Lebaran dan Mudik Pertama Anak

Tahun ini pertama kali Lebaran udah bawa anak hihi, taun lalu pas Lebaran masih hamil.. Anak bayik 9 bulan, nanggung banget umurnya. Udah MPASI tapi belom bisa makan makanan orang gede. Tadinya kebayang bakal repot jadi rencananya ga mudik, tapi akhirnya mudik juga karena suatu alasan. Alhamdulillah ternyata ga sehoror yang gw bayangkan :D

Gw tinggal di Depok dan mudik ke Wonosobo. Pergi pulang via Semarang naik pesawat terus sambung naik mobil. Durasi perjalanannya sejam naik pesawat dan tiga jam naik mobil. Alhamdulillah mudiknya terasa lancar dan menyenangkan, jadi gw mau share beberapa hal yang gw rasa memudahkan perjalanan gw kemaren. Mana tau bisa jadi tips travelling sama bayi 9 bulan ya kan.. Semoga bermanfaat :)



  1. Niat - Kemarin gw niatin buat silaturahmi, jadi ya kegiatannya juga ga ambi jalan-jalan ke tempat wisata gitu. Yang penting ketemu sodara-sodara aja udah. Menurut gw niat ini ngebantu banget buat manage ekspektasi kita selama pergi. Selain soal kegiatannya, ini juga ngebantu gw manage ekspektasi soal interaksi Anak sama orang lain. Gw tuh kalo di sini suka senewen kalo ada orang-orang yang pengen gendong atau bawa Anak sampe ga keliatan di depan mata gw, tapi karena kemaren niatnya silaturahmi dan ngenalin anak ke sodara-sodara ya udah deh boleeeh..
  2. Hipno - Sama kayak waktu ke Medan, gw juga bilangin berulang-ulang ke Anak dan doain tentang harapan gw ke dia selama mudik. Kalo waktu ke Medan "doktrin"nya SGA, kemarin SGP alias Sehat, Gembira, Pinter - pinter makannya, pinter naik car seat. 
  3. Bawa gendongan - Stroller terlalu ribet buat gw, jadi gendongan alias baby carrier adalah penyelamat. Kemaren gw sewa Ergobaby 360 di Mamanda dan nyaman banget buat anaknya maupun yang gendong.
  4. Pake backpack - Karena di depan udah gendong anak, paling pas ya belakang gendong backpack. Pake tas mbak-mbak (alias tote bag) atau tas selempang ribet. Kalo ga dapet troli juga masih bisa enak lah: gw gendong anak + backpack + geret koper, Andy gendong backpack dan gotong car seat.
    Bawaan mudik, ternyata bisa kok tetep ga terlalu banyak bawaan :D
  5. Bawa/sewa car seat - Iyes, gw bagasiin car seat dan keukeuh Anak duduk di car seat pas naik mobil. Watir sih karena ortu gw pasti senewen kalo Anak nangis ngamuk di car seat (yang mana beneran terjadi pas mau pulang wkwk) tapi gw bodo amat. Anak kalo ga di car seat merajalela banget di mobil zzz berdiri-berdiri dan muter-muter sana sini. Ogah banget gw tiga jam di jalan kelok-kelok sambil anaknya begitu. Lagipula kalo mangku anak trus gw ketiduran watir anaknya ngeguling. Sebenernya kalo bisa sewa di daerah tujuan mah sewa aja, tapi gw telat hahah jadi udah abis deh car seat di rental-rental Semarang. Oh iya, ini gw ngotot bawa karena buat gw lebih nyaman dan aman ya. Kalo asik-asik aja mangku anak di mobil sih ya ga perlu lah.
  6. Siapin MPASI - Gw kemarin bawa homemade nugget beku sama kaldu beku pake cooler bag dan blue ice. Selama mudik ya modif-modif aja dari bahan itu. Highlight-nya, pas hari Lebaran Anak makan lontong pake gravy ala-ala dari nugget daging sapi + wortel direbus pake kaldu sampe ancur dan doyan banget sekali makan abis lontong setengah biji huahaha alhamdulillah~ Oh iya sempet nyobain Bebiluck juga karena dijual pas depan rumah eyang gw dan lakuuuuu banget jadi gw penasaran.
  7. Siap dibekuin
  8. Siapin hiburan buat di mobil - Gw bawa beberapa mainan kesukaan Anak, buku, sama cemilan buah & biskuit bayi. Kalo rewel ya kasih aja salah satu di antara itu, bisa sibuk ngemil sampe ketiduran dia wkwkwk. Kalo ga mempan juga, emak dan tante-tantenya kudu nyanyi non stop HAHAHA.
  9. Persiapin baju anak buat berbagai cuaca - Gw ini paling anti bawa terlalu banyak barang kalo bepergian dan kesel banget kalo ada baju yang nyisa ga kepake. Tapi ini ga berlaku buat packing baju anak hahaha.. Meskipun Wonosobo itu harusnya dingin, gw tetep bawa baju campur buat cuaca dingin maupun panas sehingga jumlah baju Anak yang gw bawa dua kali lipat dari yang dibutuhin. Untung banget! Soalnya kemaren Wonosobo sehari panas sehari dingin dan pas panas tuh panas banget sampe gw dan Anak ga bisa tidur zz zz zz kzl, bhay aja kan kalo gw cuma bawa baju-baju panjang.
  10. Bawa mental santai! - Penting banget inih hahaha.. Asalkan anaknya sehat dan gembira mah udahlah ga usah maksain standar yang tinggi. Digendong-gendong orang, santai. Maunya makan biskuit aja, santai. Ngamuk pas dimandiin sampe sodara-sodara nontonin, santai. Enak siah kalo apa-apa bisa santai :D

0 comments:

Post a comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com